How to Make Simple Noun Phrase

Apa yang dimaksud dengan Noun Phrase? Noun phrase adalah dua buah kata atau lebih yang membentuk sebuah kata benda yang mempunyai kesatuan arti. Sehingga saling terikat satu sama lainya. Contoh misalnya:  handsome boy, bad boys, beautiful lady, sharp knife, school building.

Noun phrase bisa terbentuk dari Adjective (kata sifat) dan Noun (kata benda), atau Adverb (keterangan) dan Noun, bisa juga dari Noun dan Noun, Dalam kasus apapun, Noun akan selalu berada pada posisi terakhir.

Perhatikan bentuk dari Noun Phrase berikut ini:
  • regular column
  • Fashion magazine
Dari dua contoh noun phrase di atas kalau kita jabarkan menurut part of speechnya maka akan menjadi:
  • Adjective + Noun
  • Noun + Noun
Berbeda dengan bahasa Indonesia, Noun Phrase dalam bahasa Inggris dibaca terbalik dari kata bagian belakang. Jadi arti kata regular column adalah kolom umum dan Fashion magazine adalah majalah mode.
Dengan teori sederhana di atas, kita sekarang bisa membuat Noun Phrase yang sangat sederhana. Perhatikan contoh-contoh berikut ini:
  • Kota kecil                    = Small town
  • Senin pagi                   = Monday morning
  • Kursi roda                   = Wheel chair
  • Kaki besar                   = Big foot
  • Apel merah                  = Red apple
Setelah kita mempelajari contoh-contoh diatas, bagaimana jika sekarang kita mencoba membuat simple noun phrase dengan menggabungkan tiga kata sekaligus. Perhatikan contoh berikut ini:

1.      A yellow car                                  6. A balck cat

2.      A black ship                                  7. Two white rabbits

3.      Three red carts                             8. Five brown flowers

4.      Six green pedicabs                        9. Nine yellow hats

5.      Eleven purple bicycles                  10. Ten blue mosques

Dalam contoh diatas kita melihat bentuk simple noun phrases sebagai berikut: Determiner (Jumlah Benda) + colors (Warna) + noun (Kata Benda). Jika jumlah benda tersebut hanya satu / singular maka kita menambahkan kata “A” sementara jika benda tersebut lebih dari satu / plural, maka kita menambahkan “S” pada kata benda tersebut.
Catatan: jika ada kata benda + kata benda, maka kata benda yang bersifat khusus letaknya didepan, sementar kata benda umum letaknya dibelakang. Contoh: money factory (Pabrik Uang), school chair (Kursi Sekolah). Dalam pembentukan Noun Prase yang lengkap kita membutuhkan pola sebagai berikut: (Determiner + Opinion + Age + Size + Shape + Colours + Original + Material + Purpose + Sex + Noun)
Demikianlah penjelasan singkat tentang Simple Noun Phrase.
Tag : Education
Back To Top