Tanda-tanda Kamu Mengidap Kanker [PENTING]

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan yang sangat sering menyerang manusia zaman sekarang. Untuk itu, alangkah baiknya jika kita mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda yang menunjukkan bahwa seseorang terjangkit penyakit kanker ini. Di bawah ini akan kami berikan beberapa tanda yang bisa anda jadikan parameter.

kanker, tumor, dokter, pasien, kesehatan

Beberapa tanda di bawah bersifat sangat umum dan banyak orang tanpa kanker juga merasakannya. Namun, sangat penting untuk tetap waspada dengan tanda yang diberikan oleh tubuh kita. Dan jika kamu merasakan salah satu gejala di bawah ini dalam waktu yang sangat sering, kamu harus segera konsultasi dengan dokter.

  1. Rasa Sakit
    Oke, rasa sakit bisa disebabkan oleh berbagai hal. Setiap orang bisa mengalami sakit kepala atau sakit punggung setiap saat tanpa adanya penyakit serius. Namun, sakit kepala yang terus menerus bisa menjadi tanda adanya kanker otak, dan sakit punggung yang terus menerus bisa jadi pertanda kanker dubur atau kanker ovarium. Segera konsultasi dengan dokter.
  2. Demam
    Demam terus menerus bisa menjadi tanda dari kanker darah seperti lymphoma atau leukemia. jika kamu mengalami demam yang terus menerus, segera konsultasi dengan dokter. Meskipun bukan kanker, hal ini tetap pertanda.
  3. Kelelahan
    Jika kamu mengalami kelelahan terus menerus dan tidak pulih meski telah beristirahat, ini bisa menjadi pertanda kanker. Setiap orang bisa merasa kelelahan karena berbagai penyebab. Tapi jika kamu secara tiba-tiba merasa lelah sepanjang waktu, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk meyakinkan bahwa apakah ada yang serius.
  4. Berat badan turun drastis
    Penurunan berat badan yang tiba-tiba (lebih dari 10 persen berat badan) dan di luar dugaan tanpa upaya tersendiri dalam waktu singkat perlu diwaspadai. Biasanya penurunan bobot secara drastis ini berkaitan dengan kanker kolon  atau kanker organ pencernaan lainnya.
  5. Batuk terus menerus
    Batuk selalu dikaitkan dengan flu dan alergi. Akan tetapi batuk terus menerus dalam periode lama, sekitar tiga atau empat minggu harus diperhatikan karena bisa merupakan gejala kanker laring atau pertanda adanya masalah lain seperti radang paru – paru kronis.
Jika kamu mendapati tanda lain seperti perubahan drastis dari cara kerja tubuhmu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan link artikel ini ke teman dan kerabat anda. Terima kasih.
Back To Top