Mengadzani Bayi Yang Baru Lahir Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Ketika bayi seorang muslim baru lahir, sang ayah dianjurkan untuk mengumandangkan adzan dan iqamah pada telinga si Bayi. Adzan dikumandangkan ditelinga kanan, dan iqamah pada telinga kiri bayi.  Hal ini dianjurkan oleh Baginda Rasululah SAW dengan harapan anak tersebut tumbuh dalam kesalehan dan ketaatan kepada Allah. Namun ternyata hal ini juga memiliki manfaat dari segi medis, khususnya untuk meningkatkan kecerdasan bayi/anak.

Mengadzani Bayi

DR. Karyono Ibnu Ahmad, Ulama cendekiawan muslim dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, mengatakan bahwa ketika sang Ayah mengumandangkan adzan pada telinga kanan bayi, suara tersebut akan merangsang saraf kecerdasan berfikir pada anak, sedangkan saat mengumandangkan iqamah pada telinga kiri bisa merangsang saraf kecerdasan emosi dan rasa pada anak/bayi.

Lebih lanjut lagi, berdasarkan penelitan As'ad Syamsul Arifin, Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, mengungkapkan adanya hubungan antara nilai edukasi dan pengaruh adzan di telinga bayi baru lahir. Dalam penelitian yang berjudul “Nilai-Nilai Edukatif dalam Hadits Nabi: Studi Analisis Terhadap Hadits Nabi tentang Adzan di Telinga Bayi” disebutkan bahwa hadits tentang adzan di telinga bayi yang baru lahir mengandung hikmah dan nilai-nilai pendidikan agama pada anak, terutama sekali pendidikan tauhid dan pendidikan ibadah.

Baca JugaTips Cara Menangani Bayi Yang Terjatuh Dari Ranjang

Oleh karenanya, sangat dianjurkan bagi seorang Ayah untuk mengumandangkan adzan dan iqamah pada bayinya yang baru lahir. Semoga info ini bermanfaat. ^_^
Back To Top