10 Solusi Untuk Orang Yang Gampang Jerawatan

Jerawat memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Selain karena rasa sakitnya, jerawat juga bisa menurunkan kepercayaan diri penderitanya. Tidak jarang ada orang yang malas keluar rumah karena jerawat yang ada di wajahnya. Nah, supaya jerawat tidak mengganggu rutinitasmu dan kamu bisa kembali percaya diri, berikut adalah 10 solusi basmi jerawat untuk kalian yang gampang jerawatan.

Mata, jerawat, wajah, wanita


  1. Gunakan masker mentimun
    Selain digunakan untuk mengompres mata yang bengkak, timun juga bisa mengatasi jerawat loh. Ini karena timun bertindak sebagai anti-inflamasi yang bisa meredam jerawat. Cara membuatnya adalah dengan menghancurkan timun kemudian campurkan dengan air lemon dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Jerawat akna kempis dan bekas kemerahan juga akan menghilang.
  2. Mengoleskan Tea Tree Oil pada jerawat
    Tea tree oil adalah minyak esensial yang dihasilkan dari tanaman Melaleuca Alternifolia. Minyak ini mengandung zat anti bakteri dan anti jamur yang sangat efektif, sehingga mampu membasmi jerawat dan membersihkan kulit.
  3. Menggunakan Benzoil Peroksida dan Vitacid
    Cara cepat lain untuk membasmi jerawat adalah dengan menggunakan Benzoil peroksida. Saat dioleskan pada jerawat, benzoil peroksida akan memberikan oksigen dalam pori-pori kulit sehingga bisa membunuh bakteri jerawat. Selain Benzoil peroksida, jerawat juga bisa diatasi menggunakan Vitacid. Kedua krim ini bisa didapatkan di apotik.
    Namun sebaiknya konsultasikan dahulu pada petugas apotik agar tidak terjadi efek samping. Gunakan pula keduanya dengan kadar obat mulai dari yang paling rendah, misalnya Benzoil Perokside 2,5% dan Vitacid 0,025%.
  4. Menguapi wajah
    Dengan menguapi wajah maka pori-pori kulit akan terbuka sehingga sel kulit mati dan kotoran serta minya di wajah akan mudah terangkat. Selain itu, penguapan ini akan membantu melembabkan dan mendetoksifikasi kulit anda.
  5. Menggunakan bawang putih
    Bawang putih mengandung anti oksidan yang tinggi, termasuk anti bakteri, anti jamur dan anti virus. Cara menggunaannya yakni dengan dikonsumsi, ataupun juga dioleskan. Pada kulit normal, cukup haluskan bawang putih kemudian oleskan pada kulit yang berjerawat. Sedangkan pada kulit yang sensitif, campurkan bawang putih tumbuk dengan air terlebih dahulu.
  6. Masker dari campuran madu dan kayu manis
    Madu memang memiliki berbagai khasiat, diantaranya untuk membasmi jerawat dan membersihkan kotoran yang menempel di wajah. Cara membuatnya yakni mencampurkan 2 sendok madu dengan 1 sendok bubuk kayu manis. Campurkan hingga merata, lalu gunakan sebagai masker pada wajah yang berjerawat. diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  7. Pasta Gigi
    Pasta gigi atau odol ternyata ampuh membasmi jerawat loh. Pasta gigi yang mengandung silika yang dioleskan pada jerawat sebelum tidur mampu memperkecil ukuran serta mengeringkan jerawat dalam waktu 1 malam saja. Namun bagi anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter kulit anda.
  8. Masker lidah buaya
    Lidah buaya atau Aloe Vera sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Lendir pada daging lidah buaya bisa menghilangkan bercak-bercak kemerahan akibat jerawat, mengurangi minyak berlebih, dan membuat wajah terasa segar dan kenyal.
  9. Berendam di kolam renang
    Berendam dikolam rengan mampu membantu mengatasi jerawat. Yup, air kolam renang yang mengandung zat kaporit akan membuat kulit menjadi kering dan otomatis akan mengatasi jerawatmu. Namun pastikan bahwa air kolam tersebut bersih ya.
  10. Pasta aspirin
    Aspirin biasa digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit. Namun aspirin ternya ampuh membasmi jerawat. Caranya dengan menjadikannya pasta dengan takaran 1 bagian aspirin dan 3 bagian air. Setelah itu, oleskan pasta tersebut pada jerawat. Setelah 30 menit, pasta akan mengering dan mengeras. Terakhir, gunakan tisu atau handuk basah untuk membersihkannya.
Nah, itu dia 10 solusi memberantas jerawat bagi kalian yang gampang jerawatan. ingat, jangan sekali-kali memencet jeratwat kalian ya. Oke, Semoga bermanfaat ya. Janganlupa Like dan Share. Thanks! ^_^  
Back To Top