Malaikat Maut Mendatangi Kita 70 Kali Dalam Sehari

Rasulullah SAW pernah ditanya oleh salah seorang sahabat tentang siapa orang mukmin yang paling cerdas, kemudian Rasullullah SAW menjawab : "Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dalam mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang paling cerdas." [HR. Ibnu Majah, Thabrani, dan Al Haitsamiy]. Dan tahukah anda bahwa setiap hari malaikat maut Izrail mengunjungi kita sebanyak 70 kali?

Malaikat maut, kematian, mati

Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas RA. bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Bahwa malaikat maut memperhatikan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Dan ketika Izrail datang merenungi wajah seseorang, didapati orang itu sedang bergelak-ketawa. Maka berkata Izrail: Alangkah herannya aku melihat orang ini, padahal aku diutus oleh Allah untuk mencabut nyawanya kapan saja, tetapi dia masih terlihat bodoh dan bergelak ketawa.”

Nah, banyak di antara kita yang terlena dengan kehidupan dunia dan kurang/jarang sekali mengingat mati. Padahal kematian ini bisa merenggut kita kapan saja jika Allah SWT menghendaki. Sebagai mana pernyataan Rasulullah SAW bahwa dalam 24 jam, malaikat maut datang mengunjungi kita sebanyak 70 kali. Hanya saja karena Malaikat maut adalah ghaib, maka kita tidak bisa melihatnya.

Jika kita menghitung, 1 hari=24 jam, 1 jam = 60 menit, 60 menit x 24 = 1440 menit. 1440 menit/70 kali malaikat melihat kita= +/- 21 menit, itu berarti Sang pencabut nyawa menziarahi kita setiap 21 MENIT!! Lihatlah, betapa dekatnya kita dengan kematian itu.

Marilah kita senantiasa mengingat Allah, mengingat kematian, dan memperbanyak amal ibadah kita. Semoga kelak disaat malaikat maut melaksanakan tugasnya, kita dalam keadaan Islam dan beriman.

Sebarkan artikel ini agar semakin banyak saudara-saudara kita yang tersadarkan. Ingatlah bahwa seberapa kecilpun amal yang kita perbuat, pasti Allah akan memberikan balasan. Wassalamu alaikum.
Back To Top