-->

Cara Memperbaiki Flashdisk USB Device Yang Not Recognized

tips, cara, memperbaiki, flasdisk, not recognized, usb, device, windows

Hello semua, kali ini saya pengen share mengenai cara memperbaiki flashdisk USB device yang Not recognized. Terkadang saat kita mencolokkan sebuah flasdisk pada laptop,muncul sebuah noitifikasi USB device not recognized. Nah, masalah ini muncul biasanya disebabkan oleh 2 kemungkinan, yaitu kerusakan hardware dan kerusakan software. Dibawah ini saya berikan beberapa langkah untuk memperbaiki flashdisk yang not recognized karena mengalami kerusakan hardware. Cekidot..

Langkah 1
Buka casing flashdisk dengan hati-hati menggunakan obeng atau cutter.
Langkah 2
Keluarkan papan sirkuit flashdisk

Langkah 3
Periksa fisik flashdisk apakah ada kerusakan atau ada komponen yang patah/longgar, gunakan kaca pembesar agar terlihat lebih jelas.
Langkah 4
Solder kembali bagian connector USB lihat gambar, setelah di solder kemudian tes dengan mencolokkannya ke komputer, apabila masih bermasalah kita lanjutkan langkah berikutnya.

Langkah 5
Resolder semua komponen sekitar connector dan controller chip (lihat gambar bawah).

Langkah 6
Resolder Osilator kristal 12Mhz (lihat gambar bawah) kemudian colokkan lagi flashdisk ke komputer, pada tahap ini biasanya sudah berhasil.
Namun apabila masih belum berhasil coba ganti osilator kristal 12Mhz, bisa memakai osilator kristal dari USB Card Reader, USB Drive, dll. walaupun bentuknya berbeda asal tegangannya sekitar 12Mhz dan buat sambungannya seperti dibawah ini.

Nah, itu dia beberapa langkah Cara Memperbaiki Flashdisk USB Device Yang Not Recognized yang disebabkan oleh kerusakan hardware. Semoga bermanfaat, jangan lupa Like dan Komentarnya yah guys..Thanks ^_^
Back To Top