Tips Cara Mengoptimalkan Fungsi Google

Google, Search Engine

Tips Cara Mengoptimalkan Fungsi Google. Hello, pada sering gunain search engine Google kan? Pernah gak teman-teman mendapatkan data yang tidak sesuai dengan keinginan saat menggunakan mesin pencari Google? Yups, sering banget. Nah, lalu gimana cara mengoptimalkan fungsi pencarian Google ini agar hasil pencariannya menjadi akurat? Berikut beberapa tipsnya:

1. Tanda Petik (" ")
Tips Google
Gunakan tanda petik untuk mencari sebuah kata tertentu atau sekelompok kata. Contoh penggunaannya kalo agan mau cari suatu kutipan atau lirik sebuah lagu.

2. Tanda Garis/Pemisah (-)
Tips Google
Gunakan tanda garis/pemisah sebelum kata yang agan ingin tidak ikut sertakan dalam pencarian (pengecualian). Contohnya : kalo gan search "Kijang" , maka yang tampil adalah kijang sebagai merk mobil. Tetapi kalo agan search "Kijang -mobil" , maka yang tampil adalah sesuatu yang bernama Kijang kecuali merk mobil

3. Tanda Gelombang (~)
Tips Google
Kalo yang ini, kebalikan dari kegunaan tanda garis/pemisah. Tanda gelombang (~) dipakai untuk mengkhususkan pencarian dalam suatu kategori. Contoh hasil pencarian "Kijang ~mobil" :

4. Site:
Tips Google
Tambahkan "site:" sebelum alamat website, kalo agan pengen melakukan pencarian spesifik dari suatu website. Artinya hasil yang tampil hanyalah website itu sendiri.

5. Link:
Tips Google
Penggunaan "Link:" sebelum alamat website untuk mencari situs-situs yang berhubungan dengan alamat website yang kita cari.

6. Dua titik (..)
Tips Google
Gunakan Dua titik diantara dua angka untuk menunjukkan sesuatu hal dalam suatu rentang waktu, pengukuran, atau harga. Contoh pencarian film dalam rentang waktu tahun 1990 sampai 2010 :

7. Related:
Tips Google
Penggunaan "Related:" bertujuan untuk mencari website-website sejenis dan memiliki kesamaan dengan website yang kita cari. Contoh pencarian related:detik..com

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa teman-teman gunakan dalam meningkatkan keakuratan Google. Selamat mencoba ya. ^_^
Sumber
Tag : Google, Tips, trik
Back To Top