Tips Mendapatkan IPK Di Atas 3,5 Setiap Semester Dengan Mudah

Siswi, Belajar, Siswa, Mahasiswa, Mahasiswi, Studying, Study, Kampus

Bagi seorang mahasiswa dan mahasiswi, mendapatkan IPK tinggi di atas 3,5 atau bahkan 4 adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Namun, tidak semua mahasiswa/wi bisa mendapatkan IPK tinggi dengan mudah. Bahkan ada yang memperoleh IPK di bawah 3. Nah, untuk itu, saya akan membagikan tips mudah memperoleh IPK tinggi di atas 3,5 pada setiap semester. Yuk, simak bersama:

  • Jangan pernah bolos
    Jangan pernah bolos dari kelasmu. Entah itu mata kuliah yang mudah atau yang sulit. Ini akan menunjukkan bahwa anda serius mempelajari mata kuliah tersebut. Dosen biasanya suka dengan siswa yang menunjukkan keseriusannya mempelajari mata kuliah yang dia ajarkan.
  • Datang lebih awal
    Usahakan untuk datang lebih awal ke kelas. Misalnya 15 menit sebelum kelas dimulai. Di waktu luang tersebut, pastikan bahwa semua perlengkapan kuliahmu seperti pulpen, buku catatan, dll sudah lengkap.
  • Rajin bertanya sampai paham
    Pada saat proses pembelajaran berlangsung dan ada hal yang belum kamu pahami, jangan pernah sungkan untuk bertanya. Bertanyalah! Tidak ada yang salah dengan mahasiswa yang rajin bertanya ketika tidak paham. Dosen akan dengan senang hati memberikan penjelasan lebih lanjut.
    Jika dosen menjelaskan pelajaran dengan sangat cepat, jangan sungkan untuk menegur agar lebih lambat sedikit dalam menjelaskan.
  • Ajarkan kembali pada sekurang-kurangnya 3 teman kelas
    Banyak mahasiswa yang berlagak paham dengan penjelasan dosen, padahal dia belum paham. Nah, untuk itu, pada saat kelas usai, kamu ajarkan kembali materi kuliah yang telah kamu peroleh pada minimal 3 orang temanmu yang belum terlalu paham. Ilmu akan bertambah jika kita membagikannya.
  • Bentuk kelompok belajar
    Jika ketika kamu jelaskan keteman-temanmu dan mereka masih sulit paham, bentuklah kelompok belajar dan berdiskusilah tentang pelajaran-pelajaran yang kalian terima. Tentukan tempat berkumpulmu agar lebih enjoy berdiskusi.
  • Berolahragalah setiap petang
    Setelah sholat ashar, kalu bisa, jangan duduk di kamar dan belajar. Pergilah berolahraga atau melakukan aktifitas sampai keringatmu keluar. Ini akan membuat tubuh lebih segar dan membuat tidur lebih nyenyak.
  • Rajin sholat
    Rajinlah shalat dan beribadah serta berdo'a agar kita diberi kemudahan dalam menyerap ilmu yang kita pelajari.
  • Tidur lebih awal, bangun lebih awal
    Usahakan untuk tidur paling lambat jam 10 malam. Jangan sampai begadang. Dan bangunlah lebih awal untuk mempersiapkan kembali aktifitas perkuliahanmu.
Nah, itulah dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan IPK tinggi pada setiap semester. Selamat berjuang kawan! ^_^
Tag : Education, Tips
Back To Top