Gunung Everest Bukan Gunung Tertinggi Di Dunia

Selama ini banyak yang mengira kalau gunung/puncak Everest pegunungan Himalaya adalah puncak gunung tertinggi di dunia. Padahal anggapan itu salah. Mengapa? Karena ada sebuah gunung yang ternyata jauh lebih tinggi dari Gunung Everest. Namanya adalah Gunung Mauna Kea di Hawai.

gunung himalaya, everest, puncak tertinggi

Yang membuat Everest dianggap sebagai gunung tertinggi di dunia adalah karena pengukurannya menggunakan sistem "di atas permukaan laut". Tinggi gunung everest dari permukaan laut adalah 8,848 meter. Ini tentu jauh lebih tinggi dari Gunung Mauna Kea yang hanya setinggi 4,206 meter dari permukaan laut.

Namun, jika pengukuran menggunakan sistem "dari dasar laut", maka Gunung Maua Kea adalah gunung tertinggi di dunia. Pasalnya, gunung ini memiliki kaki gunung yang berada di bawah permukaan air laut sekitar 6000 meter, sehingga total tinggi keseluruhan adalah 10,200 meter. Jauh di atas Gunung Everest.

Nah, sekarang kamu lebih tau kalau puncak Everest bukanlah puncak tertinggi di dunia. Silahkan share info ini ke teman-temanmu. ^_^
Tag : fakta unik
Back To Top