Pasien Ini Punya 420 Batu Di Dalam Ginjalnya

Penyakit batu ginjal adalah salah satu penyakit yang biasa menyerang ginjal manusia. Dan salah satu kasus penyakit batu ginjal terparah dialami oleh seorang pasien asal Cina. Pasien bermarga He ini harus menjalani operasi selama 2 jam untuk mengeluarkan semua batu ginjalnya. Dia dioperasi di rumah sakit Kota Dongyang, bagian timur Provinsi Zhejiang. Parahnya, pasien ini memiliki 420 batu yang bersarang dalam ginjalnya!!

batu ginjal, kidney stone

Menurut pernyataan dokter, pasien tersebut diduga terlalu sering makan tahu, namun kurang minum air. “Produk dari kacang kedelai, khusunya tahu, mengandung kadar kalsium yang tinggi. Kalsium yang begitu banyak tidak bisa dicerna dan dikeluarkan tubuh tanpa air dalam jumlah cukup,” kata Dr Wei Yubin kepada harian the Qianjiang Evening Post.

He merasakan sakit perut yang luar biasa kemudian mendatangi dokter. Setelah melakukan CT scan, terungkap bahwa ginjalnya sudah dipenuhi batu. Ginjalnya harus dicopot seandainya pasien tersebut menunda operasi, kata dokter.

Jumlah batu ginjal pasien ini masih dibawah jumlah batu ginjal seorang pasien asal India yang memiliki 172.155 batu dari ginjal kiri pada tahun 2009.
Back To Top