Tips Cara Merawat Keril/Carrier Dengan Benar

Tas gunung atau yang biasa disebut Carrier ataupun keril dan tas hiking memang memiliki peran penting bagi para pendaki gunung ataupun bagi yang senang traveling. Bawaan barang dan logistik yang dibutuhkan selama perjalanan mendaki biasanya akan dimasukkan kedalam keril ini. Nah, karena tas gunung ini perannya sangat penting, tentu saja harus dirawat dengan cara yang tepat pula agar selalu awet.

tas gunung, mendaki, hiking, carrier, keril

Berikut ini adalah cara merawat keril dengan benar dan tepat:

  • Langsung kosongkan tas gunungmu sepulang mendaki.
    Sepulang mendaki sebaiknya kamu langsung mengosongkan keril kamu. Cek semua kantongnya, pastikan semua kosong dan tidak ada sisa-sisa logistik yang bisa mengundang jamur dan serangga. Jangan lupa balikkan tasmu agar semua kotorannya rontok.
  • Ketika dicuci, jangan gunakan sikat dan detergen.
    Hindari penggunaan sikat dan detergen saat mencuci kerilmu. Alternatif yang tepat untuk digunakan adalah lap kain yang lembut dan sabun tanpa kandungan detergen (Sampo atau sabun bayi). Jika tidak terlalu kotor, kamu cukup membersihkannya dengan lap basah. Namun jika nodanya membandel, kamu bisa menggunakan sikat gigi dan sabun tanpa detergen, kemudian sikat dengan lembut.
  • Jika kotor banget, rendam dengan air hangat dicampur sabun tanpa detergen atau air sirih.
    Sabun tanpa detergen terbilang ampuh untuk mengangkat noda dan air sirih juga ampuh untuk menghalau bau. Tapi ingat, jangan pernah mencuci kerilmu menggunakan mesin cuci.
  • Jangan jemur di bawah terik matahari.
    Hindari menjemur kerilmu langsung di bawah sinar matahari. Cara yang tepat adalah dengan gantung dan angin-anginkan di tempat yang teduh dan sirkulasi udaranya baik.
  • Gunakan silica gel atau kapur barus agar tak lembab.
    Untuk menghindari kerilmu menjadi lembab saat disimpan, kamu bisa menggunakan kapur barus atau silica gel yang ditaruh dalam kerilmu. Tas yang lembab bisa mengundang jamur. Pastikan kerilmu sudah benar-benar kering sebelum disimpan.
  • Bungkus dengan plastik sebelum disimpan.
    Ini sangat berguna untuk melindungi kerilmu dari debu. Pastikan keril terbungkus sempurna dan tak ada bagian yang menjulur keluar,
  • Jangan tindih dengan barang yang berat.
    Ketika menyimpan kerilmu, jangan sampai ditimpa dengan barang yang berat. Tas keril biasanya memiliki frame untuk menjaga bentuknya tetap tegak ketika digunakan. Nah, jika ditimpa barang berat saat disimpan, frame kerilmu bisa rusak.
Nah, demikianlah tips cara tepat merawat tas keril/carrier. Semoga info ini bermanfaat. Jangan lupa like dan share ya. Thanks ^_^ 
Tag : Tips
Back To Top