Hati-hati Penipuan Toko Online di Facebook

Apa yang menjadi pemikiran anda tentang barang-barang berharga mahal di pasaran dijual dengan harga murah di situs jejaring sosial facebook ataupun toko online lainnya. Nah sebaikknya anda waspada dengan maraknya penipuan toko online melaui facebook ini. Metode yang biasa digunakan oleh penipu, adalah berjualan online/online shop. Barang yang paling banyak ditawarkan adalah seperti ipad, iphone, blackberry, laptop, dan aneka smartphone merk terkenal.

Berawal dari penelusuran barang yang ditawarkan melalui chat ini dan tagging foto di facebook kami mencoba untuk mencari informasi tentang toko online tersebut di forum-forum online. Dan ternyata kami memperoleh informasi beberapa pembeli yang melaporkan penipuan atas toko online tersebut.

Untuk menarik perhatian orang, bisanya penipu menawarkan barangnya dengan harga super murah dengan alasan karena barangnya adalah barang BM. Bahkan harga yang ditawarkan bisa kurang dari setengah harga. Nama yang dipakai untuk toko mereka pun bermacam-macam. Dengan alamat diduga fiktif.

Pelaku juga membuat disclaimer yang meyakinkan tidak ada tindak penipuan dalam transaksinya sehingga seolah-olah bukan toko online gadungan. Mereka juga menyediakan nomor telepon yang dapat dihubungi secara langsung kapan saja. Bahasanya pun hangat dan lihai melakukan penjebakan dengan cara apapun. Juga info meyakinkan bahwa pembeli bisa mengecek barangnya lewat layanan pengiriman barang seperti Tiki JNE.

Nah jangan beranggapan bahwa semua toko online di internet melakukan penipuan. Ada cara-cara untuk mebeli barang-barang yang aman di internet.

  1. Jangan bernafsu membeli barang jika penawaran dengan harga murah bahkan setengah harga asli produk tersebut. Anda bisa cek harga pasaran barang tersebut.
  2. Si penjual yang hendak menipu biasanya takut untuk menampilkan profil lengkap Wall tertutup untuk semua orang, Tidak Tercantum testimonial untuk membuktikan kepuasan pelanggan atau  Comment di Foto Barangnya tidak ada.
  3. Carilah penjual yang sekiranya anda kenal atau teman anda sudah kenal sejak lama dan sudah membuktikan bahwa si penjual tidak melakuan penipuan.
  4. Jangan tergesa-gesa dalam mentransfer uang pastikan wilayah rekening cabang sama dengan alamat yang sama.
  5. Kode area handphone mungkin bisa meyakinkan anda.
  6. Untuk berhati-hati gunakan rekening bersama. Dengan rekening bersama saat anda membeli produk dengan transfer uang anda akan ditahan di bank hingga anda mendapat konfirmasi bahwa barang sudah di tangan anda.
Percayalah pada orang-orang jujur yang tidak tergesa-gesa menawarkan barang-barangnya  Modal bisnis online atau membeli produk online adalah rasa saling percaya namun bukan berarti tergesa-gesa untuk membeli mesikipun dengan harga murah. Dan jika anda menemukan penipuan segera laporkan yang berwajib dan beritahu teman anda jangan sampai terkena penipuan yang menawarkan produk dengan harga miring.
Back To Top